Nama
Anggota kelompok : CHALIDA FATHIA (21210546)
DINAR
TRI ANGGRAINI (22210069)
YULIANTI
(28210754)
Kelas : 3EB06
Rangkuman
Buku ini membahas akuntansi biaya untuk tujuan penentuan harga
pokok produk dan pengendalian biaya. Akuntansi biaya untuk memenuhi kebutuhan
manajemen bagi penentuan harga pokok produk dibahas dalam bab 2 sampai bab 11.
Karena pada dasarnya terdapat dua macam metode penentuan harga pokok produk
yaitu metode full costing dan metode variabel costing, maka untuk tidak
menanamkan kesan bahwa perhitungan harga pokok produk hanya didasarkan pada
full costing saja, dalam bab 5 variabel costing disajikan secara terurai metode
penentuan harga pokok produk alternatif yang lebih banyak dikenal dengan
nama salah kaprah: direct costing. Akuntansi biaya untuk penentuan harga pokok
produk dengan metode full costing dibagi menjadi 2 kelompok: penentuan harga
pokok produk dalam perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan dan produksi
massa (bab 2 – bab 64), penentuan harga pokok produk dengan metode variabel
costing dalam perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan dan berproduksi
massa (bab 6) dan penentuan harga pokok produk dalam perusahaan yang
menghasilkan produk bersama dan produk sampingan (bab 11).
Akuntansi biaya untuk menyediakan informasi bagi manajemen guna
pengendalian biaya, didalam bab 12 diuraikan Sistem Biaya Taksiran, bab 13
Sistem Biaya Standar diuraikan secara rinci dengan pendekatan full costing dan
bab 14 Sistem Biaya Standar diuraikan dengan pendekatan variabel costing.
Uraian akuntansi biaya untuk pengendalian biaya dimulai dari sistem yang paling
sederhana yaitu sistem biaya taksiran dan dilanjutkan ke sistem pengendalian
biaya produksi yang lebih kompleks yaitu sistem biaya standar. Dalam bab 15
perilaku biaya membahas tentang perekayasaan informasi biaya dalam hubungannya
dengan perubahan volume kegiatan, yang bermanfaat untuk masukan bagi penerapan
pendekatan variabel costing yang telah diuraikan dalam bab 5, bab 6 dan bab 14.
Sistem akuntansi biaya untuk menyediakan informasi biaya bagi manajemen dalam
pengendalian dan pengerahan kegiatan pemasaran. Dalam bab 16 membahas tentang
analisis biaya pemasaran.
Tujuan Penulis
Buku ini ditujukan penulis bagi mahasiswa pendidikan tinggi
jurusan akuntansi dan non akuntansi. Bagi jurusan non akuntansi penulis
berharap mahasiswa dapat memiliki konsep yang benar mengenai informasi biaya
dan mampu memanfaatkan informasi tersebut dalam melaksanakan fungsi pokok
manajemen perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan. Sedangkan bagi
mahasiswa jurusan akuntansi penulis mempunyai suatu harapan yaitu mahasiswa
dapat memahami konsep dan manfaat informasi biaya dan mampu “menjual” konsep
informasi biaya kepada manajemen yang memerlukan informasi biaya dalam
pengelolaan kegitan perusahaan dan memiliki kemampuan sebagai perekayasa
informasi biaya yang berorientasi kepada kebutuhan manajemen.
Tujuan Tinjauan Buku
Tujuan kami melakukan tinjauan pada buku ini adalah untuk
mencari dan mengetahui apa yang di bahas penulis dan tujuan penulis untuk apa
menerbitkan buku tersebut sehingga kami bisa memaparkan isi dari buku ini.
Dengan demikian kami mendapatkan konsep dan informasi biaya yang bermanfaat
bagi manajemen dalam pelaksanaan fungsi perencanaan dan pengendalian
kegiatan perusahaan di dalam buku ini.
Kesimpulan
Kesimpulan dari buku ini adalah kami sangat menyarankan kepada
mahasiswa jurusan akuntansi dan non akuntansi untuk dapat membaca serta
memahami isi dari buku tersebut. Karena buku ini tidak hanya membahas pada
bidang aspek yang sempit namun penulis membahas aspek informasi akuntansi biaya
secara umum. Selain dari isi buku ini, penulis juga menggunakan bahasa yang
ringan dan contoh suatu informasi biaya dalam suatu perusahaan yang mudah untuk
di pahami pembaca, sehingga buku ini menurut kami layak untuk di baca mahasiswa
jurusan akuntansi dan non akuntansi agar memiliki kemampuan untuk menyediakan
informasi biaya yang sesuai dengan kebutuhan pemakai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar